Selasa, 29 November 2016

Review Jurnal

Judul:
“ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN VARIABEL FASILITAS,
HARGA, DAN CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS
TMBOOKSTORE DEPOK)”


PENDAHULUAN
Perusahaan dituntut untuk dapat melihat berbagai kesempatan yang ada dan mencari strategi atau cara-cara untuk memberikan rasa puas konsumen atau pelanggan dan mempertahankannya, sebagai contoh perusahaan harus mampu memberikan produk dengan mutu baik, harga terjangkau, fasilitas lengkap, serta mampu menciptakan citra positif perusahaan di mata konsumen. Apabila seorangan konsumen telah berubah menjadi konsumen yang loyal karena kepuasannya terpenuhi maka konsumen tersebut tidak akan beralih ke produk/jasa perusahaan lain yang sejenis.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh positif fasilitas, harga dan citra perusahaan secara serempak dan parsial terhadap kepuasan konsumen, serta menganalisis variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen.

METODE PENELITIAN
Variabel
Variabel yang diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua. Variabel pertama disebut variabel bebas yang terdiri atas variabel fasilitas, harga serta citra perusahaan. Sedangkan variabel yang kedua disebut variabel terikat yaitu tingkat kepuasan konsumen Tmbookstore.

Populasi
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Tmbookstore. Jumlah responden yang ditentukan sebanyak 100 responden. Penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu dengan cara aksidental sampling, artinya penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui dan terpilih akan dijadikan responden.

Teknik Analisis Data
1.      Skala Likert
Kebaikan penggunaan format tipe Likert dibandingkan dengan format check list yang hanya memberikan jawaban (ya) atau (tidak), adalah bahwa tipe Likert mencerminkan keragaman nilai sebagai akibat penggunaan skala yang dalam penelitian berkisar antara 1 sampai dengan 5. Dengan dimensi mutu yang tercermin dalam daftar pertanyaan, memungkinkan responden mengekspresikan tingkat pendapat mereka dalam jasa yang diterima lebih mendekati kenyataan yang sebenarnya.
2.      Analisis Validitas
Validitas menunjukkan tingkat atau derajat yang digunakan sebagai bukti untuk mendukung kesimpulan yang ditarik dari nilai yang diturunkan dari ukuran atau tingkat dimana skala mengukur sesuatu yang seharusnya diukur. Suatu data dikatakan valid apabila nilai Correced Item lebih besar dari nilai r tabel dengan df = n – 2.
3.      Analisis Reliabilitas
Kehandalan atau reliabilitas didefinisikan sebagai seberapa jauh pengukuran bebas dari varian kesalahan. Dalam memperkirakan kehandalan dari variabel yang diteliti peneliti menggunakan metode Cronbach’s Alpha (Cronbach, 1951). Perhitungan perkiraan Cronbrach’c Alpha biasanya dikerjakan dengan bantuan SPSS yang memang dirancang untuk dapat menghitung perkiraan kehandalan. Suatu variabel dikatakan handal jika nilai dari Cronbach’s Alpha > 0,6.
4.      Analisis Korelasi
Analisis korelasi adalah bagian dari pengujian asosiatif yang bertujuan mencari kekuatan, signifikansi, dan arah hubungan antara dua variabel. Arah hubungan yang akan diuji dengan analisis korelasi dapat dikategorikan menurut tiga pola arah hubungan. Pola yang pertama adalah hubungan positif atau hubungan berpola searah. Pola yang kedua adalah hubungan negatif atau hubungan berpola kebalikan arah, dan yang terakhir adalah pola dimana tidak ada pola arah hubungan. Dalam mengukur tingkat korelasi penulis menggunakan korelasi metode Pearson melalui komputerisasi dengan SPSS.
5.      Analisis Regresi
Analisis regresi adalah salah satu jenis analisis parametrik yang dapat memberikan dasar untuk memprediksi serta menganalisis varian. Beberapa tujuan dari dilakukannya analisis regresi antara lain untuk menentukan persamaan garis regresi berdasarkan nilai konstanta dan koefisien regresi yang dihasilkan, mencari korelasi bersama-sama antara variabel bebas dengan variabel terikat, dan menguji signifikansi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat melalui uji F. Untuk mencari korelasi secara parsial antara variabel bebas dengan variabel terikat, dan menguji signifikasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat melalui uji t.

PEMBAHASAN
Uji Validitas dan Reliabilitas
Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk mengetahui berapa pertanyaan yang valid dan reliabel dengan cara melakukan survey terhadap 100 responden. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa seluruh item pertanyaan yang tersisa pada setiap variabel dinyatakan valid karena bernilai positif (+) dan bernilai lebih besar dari 0,194 (r tabel) engan df = n – 2 atau df = 43. Nilai Cronbach’s Alpha tiap variabel lebih besar dari 0.6, yaitu berkisar antara 0.814 sampai dengan 0.914, sehingga keempat variabel tersebut dinyatakan reliabel.

Analisis Korelasi
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson, dapat diketahui hubungan antar variabelnya yaitu sebagai berikut:
1.      Hubungan antara fasilitas denga citra perusahaan
Besar hubungan antara variabel fasilitas dengan citra perusahaan adalah 0,461 menunjukkan cukup kuatnya korelasi antara variabel fasilitas dengan citra perusahaan. Tanda (+) menunjukkan hubungan fasilitas dengan citra perusahaan yang searah, artinya bahwa semakin tinggi nilai fasilitas maka semakin tinggi nilai citra perusahaan.
2.      Hubungan antara fasilitas denga kepuasan konsumen
Besar hubungan antara variabel fasilitas dengan kepuasan konsumen adalah 0,307 menunjukkan cukup kuatnya korelasi antara variabel fasilitas dengan kepuasan konsumen. Tanda (+) menunjukkan hubungan fasilitas dengan kepuasan konsumen yang searah, artinya bahwa semakin tinggi nilai fasilitas maka semakin tinggi nilai kepuasan konsumen.
3.      Hubungan antara harga dengan citra perusahaan
Besar hubungan antara variabel harga dengan citra perusahaan adalah 0,209 menunjukkan cukup kuatnya korelasi antara variabel harga dengan citra perusahaan. Tanda (+) menunjukkan hubungan harga dengan citra perusahaan yang searah, artinya bahwa semakin tinggi nilai harga maka semakin tinggi nilai citra perusahaan.
4.      Hubungan antara harga dengan kepuasan konsumen
Besar hubungan antara variabel harga dengan kepuasan konsumen adalah 0,292 menunjukkan cukup kuatnya korelasi antara variabel harga dengan kepuasan konsumen. Tanda (+) menunjukkan hubungan harga dengan kepuasan konsumen yang searah, artinya bahwa semakin tinggi nilai harga maka semakin tinggi nilai kepuasan konsumen.
5.      Hubungan antara citra perusahaan dengan kepuasan konsumen
Besar hubungan antara variabel citra perusahaan dengan kepuasan konsumen adalah 0,393 menunjukkan cukup kuatnya korelasi antara variabel citra perusahaan dengan kepuasan konsumen. Tanda (+) menunjukkan hubungan citra perusahaan dengan kepuasan konsumen yang searah, artinya bahwa semakin tinggi nilai citra perusahaan maka semakin tinggi nilai kepuasan konsumen.

Analisis Regresi
Berdasarkan model penelitian kepuasan konsumen dengan menggunakan metode regresi serta hasil perhitungan diketahui koefisien Beta Standar dari variabel fasilitas berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 17,56%, sedangkan untuk variabel harga mempengaruhi secara langsung terhadap kepuasan konsumen sebesar 35,81%, dan untuk variabel citra perusahaan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen secara langsung sebesar 46,62%.

KESIMPULAN
Kesimpulan dari penelitian ini adalah:
1.  Variabel fasilitas, harga, dan citra perusahaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Tmbookstore. Ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
2.    Secara parsial variabel harga dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sebaliknya, variabel fasilitas dalam penelitian ini tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
3.      Citra perusahaan yang diwakili oleh faktor karyawan cepat tanggap, ramah dan sopan merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam kepuasan konsumen Tmbookstore.

SUMBER JURNAL :
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&ei=YEIRVY-DNYu2uQSztoCQAg&url=http://publication.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1300/1/11205529.pdf&ved=0CCIQFjAB&usg=AFQjCNHnd9dMjFm-Dl25GvR5O8V0Hsls0w&sig2=jQhPIBrF8oV4oPr-O4KYiw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar